Minggu, 13 Mei 2012

Pencemaran Air

Pencemaran Air
Pengertian Pencemaran air adalah keadaan suatu perubahan di suatu tempat penampungan air seperti lautan, sungai, danau, dan air tanah yang terjadi akibat aktivitas manusia. Lautan, sungai, danau dan air tanah adalah suatu bagian yang sangat penting dalam suatu siklus kehidupan manusia dan hal itu merupakan salah satu bagian dari siklus yang disebut siklu hidrologi.

Selain berfungsi untuk mengalirkan air juga berfungsi untuk mengalirkan sedimen dan polutan. Berbagai macam fungsinya memang sangat membantu untuk kehidupan manusia. Pemanfaatan terbesar lautan, sungai, danau dan air tanah adalah untuk membantu dalam irigasi pertanian, bahan baku air minum, sebagai saluran pembuangan air hujan dan air limbah, bahkan hal ini sebenarnya juga sangat berpotensi sebagai objek wisata.

Walaupun keadaan fenomena alam yang sering terjadi seperti gunung berapi, badai, gempa bumi dll juga mengakibatkan perubahan yang besar terhadap kualitas air, tetapi hal ini tidak dianggap sebagai suatu pencemaran.

Pencemaran air merupakan suatu masalah global utama yang sangat membutuhkan evaluasi dan revisi kebijakan sumber daya air pada semua tingkatan, yaitu dari tingkat internasional hingga sumber air pribadi dan sumur. saat ini banyak yang telah mengatakan bahwa polusi air adalah merupakan penyebab utama di dunia untuk kematian dan penyakit, dan saat ini tercatat atas kematian lebih dari 14.000 orang setiap harinya.

Saat ini di negara India diperkirakan 700 juta orang India tidak memiliki akses ke toilet, dan 1.000 anak-anak India meninggal dikarenakan penyakit diare setiap hari.

Sedangkan di negara China sekitar 90% dari kota-kota di Cina menderita polusi air hingga pada tingkatan tertentu, dan saat ini hampir 500 juta orang tidak memiliki akses terhadap air minum yang aman. Ditambah lagi selain adanya polusi air merupakan masalah utama di negara berkembang, di negara-negara industri atau maju pada umumnya masih berjuang dengan masalah polusi ini.

Dalam laporan nasional yang diterima yang paling baru adalah masalah pada kualitas air di negara Amerika Serikat, 45 persen dari mil sungai dinilai, 47 persen dari danau hektar dinilai, dan 32 persen dari teluk dinilai dan muara mil persegi diklasifikasikan sebagai tercemar.

Air biasanya disebut sebagai air yg tercemar ketika air tersebut terganggu oleh kontaminan antropogenik, dan ketika air tidak bisa mendukung untuk kebutuhan kehidupan manusia sehari hari, sebagai contoh seperti air minum, atau saat ini mengalami pergeseran yang ditandai didalam kemampuannya untuk mendukung komunitas penyusun biotik, seperti ikan.

Penyebab Pencemaran Air
Pebyebabnya dapat disebabkan oleh berbagai hal dan memiliki karakteristik yang berbeda-beda, diantaranya adalah sebagai berikut
  • Meningkatnya kandungan nutrien yang dapat mengarah pada eutrofikasi
  • Berbagai sampah organik seperti air comberan atau sewage juga dapat menyebabkan peningkatan kebutuhan oksigen pada air, yang menerimanya, yang mengarah pada berkurangnya oksigen dan dapat berdampak sangat parah terhadap seluruh ekosistem.
  • Industri atau pabrik yang sering membuang berbagai macam polutan ke dalam air limbahnya seperti logam berat, toksin organik, minyak, nutrien dan padatan. Air limbah tersebut memiliki efek termal, terutama yang dikeluarkan oleh pembangkit listrik, yang dapat juga mengurangi oksigen dalam air.
  • Banyak juga contoh seperti limbah pabrik yg mengalir ke sungai, seperti di sungai citarum
  • Pencemaran yang disebabkan air oleh pembuangan sampah yang dilakukan masyarakat di sungai
  • Penangkapan ikan dengan menggunakan bahan peledak akan menyebabkan Pencemaran air
Akibat atau Dampak Pencemaran Air bagi lingkungan dan kehidupan
  • Dapat menyebabkan banjir
  • Pencemaran Air juga dapat menyebabkan Erosi
  • Kekurangan sumber air
  • Dapat membuat sumber penyakit
  • Menyebabkan terjadinya Tanah Longsor
  • Dapat merusak Ekosistem sungai
  • Kerugian untuk Nelayan jika ada yang menggunakan bahan peledak untuk menangkap ikan
Saat ini Pencemaran air di Indonesia sebagian besar diakibatkan oleh aktifitas manusia seperti, meninggalkan limbah pemukiman, limbah pertanian, dan limbah industri termasuk juga pertambangan. 

Dalam hal ini Limbah pemukiman mempunyai pengertian bahwa segala bahan pencemar yang dihasilkan oleh daerah pemukiman atau rumah tangga. Limbah pemukiman ini bisa juga berupa sampah organik seperti kayu, daun dll, dan sampah nonorganik berupa plastik, logam, dan deterjen.

Untuk Limbah pertanian mempunyai pengertian yaitu segala bahan pencemar yang dihasilkan aktifitas pertanian berupa penggunaan pestisida dan pupuk. Sedangkan untuk limbah industri mempunyai pengertian segala bahan pencemar yang dihasilkan aktifitas industri yang sering menghasilkan bahan berbahaya dan beracun atau B3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar